Pra-Pekan Olahraga Provinsi Cabang Olahraga Petanque Resmi Dibuka, MYL : Junjung Tinggi Sportifitas

PANGKEP, MAMMINASATA.COM – Kabupaten Pangkep menjadi tuan rumah pra pekan olahraga provinsi (praporprov) cabang olahraga Petanque.

Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) membuka pra pekan olahraga provinsi (praporprov) Sulsel, cabang olah raga Petanque, di aula rumah jabatan Bupati Pangkep, Rabu (3/11).

Dikatakan MYL, setiap even olahraga yang paling penting adalah menjunjung tinggi sportifitas.

“Saya selalu katakan, tidak ada gunanya menjadi juara jika dengan cara yang curang,” katanya.

Selain itu lanjutnya, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturrahmi karena diikuti kontingan dari kabupaten/kota yang ada di Sulsel.

“Yang paling penting juga, silaturahminya antara atlet Pangkep dan atlet dari daerah lainnya,” tandasnya lagi.

Dengan menjadi tuan rumah praporprov, diharapkan Pangkep dapat menjadi tuan rumah pada even olahraga lainnya.

Terkait reward bagi atlet, MYL mengatakan, Pemkab akan memberikan apresiasi dan penghargaan khusus. Begitupun oleh KONI.

Abd.Kadir S.Sos M,Si Ketua Federasi Petanque Indonesia saat memberikan sambutan dalam pembukaan praporprop yang berlansung di Rumah Jabatan Bupati Pangkep, Rabu (3/11).

Sementara itu, Ketua FOPI Pangkep, Abd Kadir menyampaikan, Praporprov diikuti 16 kontingen kabupaten/kota dengan jumlah 225 atlet dan official.

Kontingen Pangkep lanjutnya, sudah memastikan diri mengantongi tiket lolos pekan olahraga provinsi tahun depan.

“Kalau saja satu nomor saja kita dapat emas, Pangkep dipastikan menjadi juara umum praporprov,”katanya.

Diketahui hingga hari ketiga kontingen tuan rumah, masih terus menjaga asa dan peluang untuk memperebutkan 3 besar dan Juara Umum. Sampai berita ini diturunkan, tuan rumah telah meloloskan 3 atletnya ke final. Masing-masing untuk kategori Double Man (MD) Woman Doubles (WD) dan kategori Shooting Woman. Hari ini Rabu (3/11), sebanyak tiga kategori yang diikuti atlet Petanque Pangkep, masih berpeluang besar menambah point.

Selain mendapat hasil maskimal di hari pertama dan kedua, Pangkep selaku tuan rumah juga mendapat apresiasi khusus, dalam penyelengaraan Praporprov untuk cabang olahraga Petanque kali ini, lewat Dr. Nukhrawi Nawir M Kes, A.IFO Wakil Ketua tim-porprop Sulsel, mengapresiasi perhelatan Praporprov cabor petanque, yang untuk pertama kali digelar di Pangkep.

”Terdapat 11 nomer yang dipertandingkan, ini sejarah karena untuk pertama kalinya dilaksanakan mengahadapi Porprop, suatu prestasi untuk kabupaten Pangkep dengan penyelenggaraan oleh Fopi.” katanya

Nukhrawi Nawir pun mengapresiapsi untuk penyelenggaraan kali ini.

”Cukup bagus, tingkat provinsi. Sudah layak, dengan hadirnya event seperti ini masyarakat akan lebih mengenal petanque kedepannya. Kita jangan berhenti menyelenggarakan. Petanque harus disosialisasikan hingga ke tingkat kecamatan dan kalau perlu ke sekolah-sekolah.” tambahnya.

Di Pangkep sendiri, kehadiran Fopi dan olahraga Petanque sudah ada sejak masa MYL. Saat itu Bupati Pangkep, MYL yang masih seorang legislator (Ketua DPRD) kala itu juga adalah Ketua Umum Federasi olahraga asal Prancis ini, kini FOPI Pangkep dinahkodai oleh Abd. Kadir S.Sos, M.Si

Abdul Kadir selaku ketua Umum Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Pangkep berharap, agar senantiasa seluruh official peserta, atletnya bisa menyambut baik para tamu dan atlet lainnya, menjunjung sportifitas dan fokus pada prestasi.

Sekedar diketahui. Tahun 2019 lalu, Petanque Pangkep juga telah menorehkan prestasi yang sama membanggakannya, berhasil keluar sebagai Juara Umum dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) tingkat propinsi Sulawesi-Selatan .

Pembukaan praporprov Petanque ditandai dengan pemukulan gong oleh bupati MYL hari ini. Setiap peserta yang tembus semifinalis dalam ajang Praporprop cabang olahraga Petanque kali ini, dipastikan akan mendapatkan tiket menuju Porprov (Porda-red) yang akan berlangsung di Sinjai-Bulukumba tahun 2022 mendatang.

  • (Editor: Ibe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *