oleh

Sandiaga Uno : UNHAS Kampus Pencetak Tokoh Nasional Sejak Reformasi

MAKASSAR, MAMMINASATA.COM – Sandiaga Uno melanjutkan kunjungan kerjanya di Sulsel dengan menghadiri penandatanganan kerja sama pengembangan SDM di kampus Merah, Univesitas Hasanuddin, Jumat (18/6).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu, menyebut Unhas sebagai kampus pencetak tokoh nasional. Ia mencontohkan sejumlah nama-nama alumni Unhas yang dikenal secara nasional. Sandiaga memulai dengan menyebut nama Prof Achmad Amiruddin.


Sandi, sapaan akrabnya membeberkan. Tokoh seperti Prof Amiruddin yang pernah menjadi rektor dan Gubernur Sulsel hingga Wakil Ketua MPR memperkenalkan konsep petik olah jual. Konsep inilah yang menjadi transformasi ekonomi dan inovasi industri yang berdaya saing.

“Pada awal reformasi, Unhas melahirkan tokoh nasional seperti Prof Basri Hasanuddin dan kemudian dipercaya Presiden Gus Dur (Abdurrahman Wahid) menjadi Menkokesra,” terang Sandi dalam pesan singkat yang diterima Mamminasata.com dari pihak Humas kampus nomer Wahid di Indonesia itu.

“Dan tak lupa kita sebut HM Jusuf Kalla (Ketum IKA UNHAS) telah mengisi perjalanan kepemimpinan bangsa dalam kurun waktu 20 tahun reformasi ini, kini beliau dipercaya oleh dunia sebagai tokoh perdamaian,” sambung Sandi.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu melanjutkan, dalam kebijakan kampus merdeka, mahasiswa harus mampu membangun karakter dan jati diri, berpikir kreatif, jadi pemimpin kreatif, agen pembaharu dan pemimpin gerakan sosial dan ekonomi. Sehingga, tri dharma perguruan tinggi terwujud.

“Kita semua optimis Indonesia akan mampu menjadi bangsa yang kuat maju dan menjadi pemenang dalam percaturan ekonomi dunia,” tutup bang sandi sapaan mantan cawapres 2019 lalu itu. (Ibe)