oleh

Menjelajahi Karst Maros-Pangkep, Karts Terindah dan Terunik di Dunia

Pangkajene Kepulauan merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di bagian Barat Provinsi Sulawesi Selatan Indonesia bagian Timur. Pangkep dikenal memiliki potensi luar biasa.

Itulah, mengapa Kabupaten dengan jumlah penduduk sekitar 361 ribu Jiwa, ini juga dijuluki sebagai Daerah Tiga Dimensi. Beberapa potensi sumber daya alam yang bisa dikembangkan di wilayah ini.

Kabupaten Maros, dikenal sebagai Butta Salewangan, Marusu dianggap memiliki kesejarahan panjang, dengan luas wilayah 1.619,12 Km. Kabupaten ini dihuni kurang lebih 353.121 jiwa penduduk.

Kota Makassar atau yang lazim disebut Kota Daeng, merupakan kota metropolitan, Jumpandang (Ujung Pandang) sebutan untuk kota yang memiliki sejarah panjang ini, dengan beberapa pulau, salah satunya yang masuk dalam kategori pulau Spermonde.

Ketiga daerah ini disinyalir memiliki keindahan alam yang khas. Khusus Kabupaten Pangkep dinilai paling paripurna, lengkap dengan dimensi pegunungannya, lautannya, serta daratannya. Itulah sebabnya mengapa dijuluki derah Tiga Dimensi. Ada sebanyak 112 pulau yang semuanya memiliki khas pemandangan yang unik dan indah.

Jika Anda berkunjung ke Maros dan Pangkep. Maka Anda bisa menikmati pegunungan (100-1000 meter) dengan deretan perbukitan karts yang mempesona dengan pemandangan goa-goa yang mempesona. Goa yang khas dan bersejarah, menjadi potret perjalanan manusia purba di masa lampau.

Atas pertimbangan keunikan itulah, Komisi Nasional untuk United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KNIU Kemendikbud) secara resmi telah mengirimkan surat permohonan Geopark kawasan karts Maros-Pangkep untuk bergabung dengan Global Geopark Unesco (Dunia) pada Agustus 2020 lalu.

Bukan tanpa alasan, pengajuan Kawasan Geopark Maros Pangkep ke Unesco, sebab faktanya keberadaan karts unik dan indah yang tersebar di daratan Kabupaten Maros hingga Pangkep, membentang hingga ke Kepulauan Spermonde, diperkirakan memiliki luas sekitar 43 ribu hektare.

Selain itu, Karts Maros Pangkep ini juga dianggap paling unik, dan tidak terdapat dibelahan dunia manapun. Termaksud karts-karts di Indonesia yang umumnya berbentuk Conicall Hill Karts (Bukit Berkerucut)

Keunikan lainnya karst Maros-Pangkep ini ialah berbentuk menara (Tower Karts) yang berdiri sendiri maupun berkelompok membentuk gugusan pegunungan batu gamping yang menjulang tinggi.

Terbentang indah dataran pada bukit-bukit menara yang menjulang itu, dipercantik dengan permukaan yang rata. Karts model jenis tipe ini di Indonesia bahkan di Dunia, bisa dikata sangatlah minim (kurang) artinya hanya sedikit tempat di Dunia memiliki bukit-bukit menara batu seperti ini.

Tipikal Towers karst Pangkep di Maros-Pangkep ini hanya ditemukan di China bagian Selatan dan Halong Bay Vietnam.

Karts tersebut diketahui juga merupakan kawasan karts terbesar dan terindah ke dua di Dunia. Hanya berada satu peringkat dbawah Karts di Negeri Tirai Bambu Cina yang berada di urutan pertama. Lebih membanggakannya lagi sebab, faktanya gua terpanjang dan terdalam di Indonesia ternyata ditemukan di Karst Maros-Pangkep ini.

Sejenis Gua berbentuk sumur tunggal yang menambah keunikan, memiliki kedalaman kurang lebih 260 meter, ini ditemukan juga tepatnya di Leang-Leang Putte. Sementara Gua terpanjang diperkirakan ditemukan di sisitem Gua Salukkan Kallang yang panjangnya mencapaii 27 km.

Di wilayah perbukitan karts ini. Anda dapat menikmati panorama dan pemandangan sungai-sungai bawah tanah dan beragam biota unik yang ada di dalam gua.

Di wilayah ini pula terdapat bebatuan purba yang menyimpan kekayaan Geologi, terdiri dari batu gamping koral, batu gamping bioklastik, dan kalkarenit. Disamping yang telah disebutkan diatas juga terdapat banyak gua dengan jejak kehidupan manusia pra-sejarah.

Penulis: Sulaeman